Jual Beli alat Kosmetik? siapa takut.


Jual Beli alat Kosmetik? siapa takut.






Kecantikan  adalah anugerah terindah yang di berikan oleh Tuhan yang maha Esa. Seperti kata pepatah lama“ cantik itu relatif jelek itu mutlak”, tetapi wanita mana yang tidak ingin cantik, sampai rela merogok gocek hingga jutaan rupiah. Untuk itu jual beli bahan kosmetik pun tidak dapat di pungkiri lagi, karena itulah kami akan memulai usaha bisnis berupa Make up wanita, dan tentu nya konsumen yang di prioritaskan adalah kaum hawa.  Umumnya make up wanita terdiri dari Foundation, bedak, eye liner, eye shadow, pemerah pipi, alis, maskara, lipstik, liptin,lipsglowss, dan lainnya. Karena fokus pemasaran kepada wanita sebaiknya di berikan promo misalnya setiap pembelian 3 lipstik gratis 1 buah karena tidak bisa dipungkiri wanita sangat suka diskon, tidak hanya itu untuk tanggal-tanggal  tertentu dalam penjualan pemberian diskon akan menambah minat pembeli namun harus memikirkan juga untung dan rugi dalam pemberian diskon tersebut.
 Dalam bisnis ini kami akan menjual alat make up sepaket atau per buah tergantung permintaan dari konsumen itu sendiri. Untuk pemilihan make up merek apa yang akan di pasarkan kami akan mensurvey terlebih dahulu make up seperti apa yang populer dikalangan kampung hawa, memang untuk memulai suatu usaha bisnis kita harus menjadi manusia yang tahan banting. Untuk itu1jika pembaca sangat minat kepada dunia usaha atau ingin memperdalam ilmu mulailah menimba ilmu di Universitas Amikom Yogyakarta serta semoga karya ilmiah ini dapat mendorong pembaca untuk melakukan bisnis.


Sebelum memulai melakukan sebuah usaha, sebaiknya memikirkan terlebih dahulu faktor yang mendorong dan menghambat pelaku usaha dalam menjalankan usahanya . ketika kita mulai masuk ke dalam dunia berwirausaha kita akan bersaing dengan ribuan manusia yang memiliki tujuan yang sama dengan kita, bersaing dengan bermacam-macam produk. Berikut beberapa faktor yang harus diperhatian sebelum memulai usaha yaitu :



1. Survey Produk

Sebelum memulai usaha sebaiknya mensurvey terlebih dahulu produk make up yang seperti apa yang paling diminati dan laku di pasaran. Nah ketika kita sudah mendapat produk yang paling laku barulah kita memulai usaha tersebut.




2.  Pemilihan tempat usaha

Karena sekarang adalah zaman yang super canggih, pemilihan tempat usaha tidak harus di pikirkan karena dengan koneksi internet kita dapat langsung bertemu dengan konsumen melalui Sosial media seperti, BBM, Line, Whatssap dan lainnya. Atau kita membuat sebuah grup agar dapat berbincang langsung dengan konsumen, namun jika kita memiliki lapak atau tempat seperti sebuah toko akan lebih bagus lagi karena sebagian konsumen yang ingin melihat langsung bagaimana produk yang diinginkan , untuk itu pemilihan tempat juga harus sudah mendapat izin agar tidak dikatakan ilegal, intinya jika tidak ingin terbakar jangan memainkan api

3.  Reseler produk

Produk yang di pasarkan tidak mungkin dapat di hasilkan sendiri, untuk itu pemilihan reseler produk sebaiknya di perhatikan, ingat jangan pernah memilih reseler produk yang menjadi tangan kedua, bila perlu tinjau terlebih dahulu pusat produk tersebut karena harga yang di berikan kepada kita akan murah di bandingkan mengambil di tangan ke tiga. Jika produk yang kita beli dari reseler murah maka kita akan mudah dalam mematok harga dan bersaing dengan harga pasaran produk.


4.  Media promosi





Jika telah mendapat reseler murah, dan produk siap di pasarkan . jangan lupa mempromosikan kepada konsumen melalui sosial media ( Facebook, Line, Instagram). Bila perlu minta tolong kepada teman-teman untu mempromosikan di akun milik mereka serta di kerabat-kerabat agar produk yang kita pasarkan dapat di kenal. Semakin banyak promosi produk yang kita miliki maka peluang keuntungan akan besar. Jika produk yang dimiliki sudah  banyak diminati jangan takut untuk memberikan endorse kepada artis. Karena jika produk tersebut telah di promosikan oleh akun Artis otomatis Fans nya akan melihat dan membeli produk kita.

5. Kualitas Produk
Dalam pemilihan produk harus memperhatikan kualitas, serta meninjau apakah produk yang akan kita pasarkan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya, penelitian tersebut berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila perlu perhatikan komposisi produk kemudian konsultasikan kepada dokter kulit , gunanya juga ketika ada konsumen yang memiliki riwayat alergi kita bisa menjawab karena telah bertanya pada ahli nya langsung. Memang sebelum memulai usaha pasti akan terasa sulit namun jika di barengi dengan tawakal dan do’a tidak ada yang sulit. Perhatikan juga expayed suatu produk jangan sampai kita menjual produk yang dekat atau telah expayed.

5. Promo/diskon produk
Seperti yang telah di jelaskan di bagian Abstrak, pemberian promo produk atau diskon kepada konsumen sangat penting karena tidak bisa di pungkiri wanita memang penyuka diskon. Umumnya diskon di berikan kepada pelanggan yang membeli banyak , misalnya beli 10 gratis 1. Atau saat hari atau tanggal terntu diberikan diskon 10 sampai 50%.



Dalam memulai usaha bisnis hendaklah memikirkan terlebih dahulu faktor-faktor yang menjadi peluang pemasaran, jika telah berkecimpung di dunia bisnis jangan terlalu berharap berharap kepada keuntungan tapi bagaimana proses pencapaian tersebut, karena sejatinya kita hidup di tuntut untuk belajar terus-menerus dan jangan pernah cepat merasa puas terhadap apa yang di dapatkan, semoga artikel yang di buat ini dapat berguna untuk pembaca .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »