KARYA ILMIAH PELUANG LINGKUNGAN BISNIS


 KARYA ILMIAH PELUANG LINGKUNGAN BISNIS
“ Usaha Madu Buah”





DI SUSUN OLEH :
  Nama  : Laili Suryati
Nim     : 16.12.9148


UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017









BAB I
ABSTRAK

Di tahun 2017 ini, pemilihan madu asli Sumbawa Besar sangat sulit ditemukan, untuk itu akibat maraknya penyebaran madu palsu membuat sebagian konsumen resah, sehingga muncullah ide untuk membuat inovasi madu buah berupa madu jeruk, madu apel, dan madu mangga. Seperti yang diketahui madu memiliki berbagai macam manfaat diantaranya menyembuhkan berbagai penyakit, menambah stamina tubuh, kesehatan kulit, campuran aneka makanan, meningkatkan daya ingat dan berbagai manfaat lainnya. Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.
Target pemasaran dalam usaha madu Buah ini untuk semua kalangan, media pemasarannya melalui koran, radio , serta sosial media (blog dan web). Beberapa faktor yang mendukung usaha madu buah ini yaitu cara pembuatannya yang mudah , bahan yang digunakan mudah di cari, minat para konsumen unuk mengkonsumsi madu sangat banyak. Intinya jangan pernah takut untuk memulai sebuah usaha  Semoga karya ilmiah yang di buat  ini berguna kepada pembaca dan penilai.



                                                                      BAB II
                                                                         ISI

Sebelum kita memulai usaha madu buah ini alangkah baik memikirkan peluang pasar agar usaha kita dapat kembali sesuai target yang diinginkan, karena diketahui zaman sekarang banyak sekali inovasi usaha, baik kalangan tua muda berlomba-lomba serta bersaing untuk mendapat keuntungan.




Berikut beberapa faktor yang diperhatikan dalam memulai usaha bisnis bagi pemula :




Melakukan penelitian dan peluang pasar


Sebelum memulai usaha pastilah kita memikirkan terlebih dahulu pencapaian yang ingin dicari, seperti pendapatan, usaha, serta permintaan konsumen terhadap kita. Serta menyusun strategi pemasaran, modal keuangan, dan lainnya.




Persiapkan modal

Untuk usaha madu ini, memang di perlukan modal yang lumayan besar , dalam menjalankan sebuah usaha intinya harus berani mengambil resiko, kemungkinan usaha yang kita jalankan untung maupun rugi kita sebagai wirausaha muda harus siap dalam segala tantangan yang ada. Modal bisa di dapat dari dana sendiri, keluarga atau meminjam disebuah Bank .



                           Melakukan promosi di berbagai media

Di era serba modern seperti sekarang , sebuah usaha seperti madu Buah ini dapat di promosikan di berbagai media sosial. Seperti Facebook, twitter, serta Instagram. Seperti yang diketahui pengguna instagram setiap harinya selalu bertambah, dari Instagram kita juga bisa meminta teman untuk mempromosikan usaha kita, seperti endorse. Bila perlu kita membuat akun Instagram  “Madu Buah Asli” semakin banyak kita mempromosikan maka semakin banyak juga peminat usaha yang kita jalankan. Tidak hanya lewat sosial media, kita bisa mempromosikan lewat blog, web, koran, radio, dan media lainnya.




                                                                                         Kualitas madu

Nah , ini merupakan faktor yang paling penting ! karena jika kualitas madu kita saja sudah buruk bagaimana kita dapat mendapatkan konsumen, jika awal saja sudah buruk konsumen akan lari semua. Untuk itu untuk sebuah peluang bisnis kualitas mempengaruhi kuantitas, untuk itu untuk mempertahankan sebuah usaha jangan sampai mengurangi kualitasnya, justru harus menambah terus – menerus agar usaha kita tetap dapat bertahan. Pemilihan bahan juga harus diperhatikan


      

  Pemilihan tempat

Untuk mendapatkan konsumen, tentunya harus memilih tempat yang strategis, misalnya di tempat perumahan, dekat konsumen, bisa juga Madu buah ini di di distribusikan kepada Apotik atau Toko-toko lainnya yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkannya.



Pemberian Label  Halal dan BPOM

Faktor ini biasanya jarang  di perhatikan oleh pemilik usaha, meskipun sederhana sebagian konsumen memperhatikan  nya.
Berikut prosedur sertifikasi halal :
 a) Perusahaan yang mengajukan sertifikasi, baik pendaftaran baru, pengembangan (produk/fasilitas) dan perpanjangan, dapat melakukan pendaftaran secara online. melalui website LPPOM MUI (www.halalmui.org) atau langsung melalui alamat website: www.e-lppommui.org.
b)  Mengisi data pendaftaran : status sertifikasi (baru/pengembangan/perpanjangan), data Sertifikat halal, status SJH (jika ada) dan kelompok produk.
c)    Membayar biaya pendaftaran dan biaya akad sertifikasi halal.
d)  Mengisi dokumen yang dipersyaratkan dalam proses pendaftaran sesuai dengan status pendaftaran (baru/pengembangan/perpanjangan) dan proses bisnis (industri pengolahan, RPH, restoran, dan industri jasa), diantaranya : Manual SJH, Diagram alir proses produksi, data pabrik, data produk, data bahan dan dokumen bahan yang digunakan, serta data matrix produk.
e)   Setelah selesai mengisi dokumen yang dipersyaratkan, maka tahap selanjutnya sesuai dengan diagram alir proses sertifikasi halal seperti diatas yaitu pemeriksaan kecukupan dokumen ----- Penerbitan Sertifikat Halal.          


BAB III
REFERENSI


Share this

Related Posts

First